MEREDUKSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMBELI PRODUK LAPTOP DENGAN ANALISIS FAKTOR (STUDY KASUS DI FMIPA UNIVERSITAS SRIWIJAYA)

Tampubolon, Iwan Jepri (2017) MEREDUKSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMBELI PRODUK LAPTOP DENGAN ANALISIS FAKTOR (STUDY KASUS DI FMIPA UNIVERSITAS SRIWIJAYA). In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Laptop memiliki peranan yang besar bagi mahasiswa karena diperlukan untuk memperoleh berbagai informasi, keperluan belajar dan sarana hiburan. Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dari laptop menyebabkan permintaan laptop dari kalangan mahasiswa dapat terus meningkat. Dalam meningkatkan penjualan laptop perlu diketahui berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam membeli laptop. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam membeli laptop. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 peubah yang diamati pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa dalam membeli laptop direduksi menjadi 6 faktor. Faktor-faktor tersebut adalah fitur laptop non-fungsional (17,419%), keuntungan membeli laptop (12,532%), fitur laptop fungsional (11,611%), merk (8,051%), individual penjual (7,918%) dan pendapatan orang tua (6,760%). Nilai RMSR sebesar 0,023 lebih kecil dari 0,05 sehingga model yang dihasilkan sudah baik untuk memprediksi faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam membeli laptop.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Analisis faktor; Laptop; Mahasiswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 05:13
Last Modified: 30 Oct 2017 05:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26917

Actions (login required)

View Item
View Item