Tampubolon, Iwan Jepri (2017) MEREDUKSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMBELI PRODUK LAPTOP DENGAN ANALISIS FAKTOR (STUDY KASUS DI FMIPA UNIVERSITAS SRIWIJAYA). In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Laptop memiliki peranan yang besar bagi mahasiswa karena diperlukan untuk memperoleh berbagai informasi, keperluan belajar dan sarana hiburan. Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dari laptop menyebabkan permintaan laptop dari kalangan mahasiswa dapat terus meningkat. Dalam meningkatkan penjualan laptop perlu diketahui berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam membeli laptop. Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam membeli laptop. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 peubah yang diamati pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa dalam membeli laptop direduksi menjadi 6 faktor. Faktor-faktor tersebut adalah fitur laptop non-fungsional (17,419%), keuntungan membeli laptop (12,532%), fitur laptop fungsional (11,611%), merk (8,051%), individual penjual (7,918%) dan pendapatan orang tua (6,760%). Nilai RMSR sebesar 0,023 lebih kecil dari 0,05 sehingga model yang dihasilkan sudah baik untuk memprediksi faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam membeli laptop.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Analisis faktor; Laptop; Mahasiswa |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 05:13 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26917 |