PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEDASARKAN MASALAH (PBM) PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI SMPN 6 BANDA ACEH

Asdarina, Orin (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BEDASARKAN MASALAH (PBM) PADA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK DI SMPN 6 BANDA ACEH. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran bedasarkan masalah (PBM) dan strategi siswa dalam memecahkan masalah PISA pada pembelajaran materi volume kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Hasil survey Programme for International Student Assessment (PISA) 2000/2012 menunjukkan bahwa siswa lemah dalam geometri, khususnya dalam pemahaman ruang dan bentuk. Peneliti tertarik menerapkan model pembelajaran PBM pada materi volume kubus dan balok, dengan memberikan permasalahan seperti soal yang ada pada PISA. Dengan demikian akan membantu siswa untuk terbiasa menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) yang telah diterapkan di sekolah untuk materi volume kubus dan balok mencapai tujuan yang diinginkan oleh guru, dikarenakan waktu yang mencukupi dan siswa bisa menyelesaikan masalah yang diberikan pada LKS. Kemudian untuk strategi yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, hal ini dikarenakan permasalahan yang diberikan merupakan soal non rutin bagi siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Volume kubus; Volume balok; Pembelajaran berdasarkan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 05:01
Last Modified: 30 Oct 2017 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26915

Actions (login required)

View Item
View Item