PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN SNOWBALL DRILLING PADA SUB MATERI TURUNAN DI SMA NEGERI 11 MEDAN

Manurung, Nurliani and Rachmadi, Ody (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN SNOWBALL DRILLING PADA SUB MATERI TURUNAN DI SMA NEGERI 11 MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik daripada model kooperatif tipe Snowball Drilling pada sub materi Turunan di SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan ini memiliki populasi yang terdiri dari lima kelas XII-IPA. Sampel yang diambil dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling acak sederhana dan pemilihan kelas dilakukan secara random, maka terpilih kelas XII IPA-2 sebagai Kelas Eksperimen Snowball Throwing dengan 40 siswa dan kelas XII IPA-5 sebagai kelas Eksperimen Snowball Drillingdengan 40 siswa. Penelitian ini menggunakan dua buah instrumen yaitu pretest dan posttest dalam bentuk uraian. Instrumen tes tersebut terlebih dahulu divalidasi oleh tiga orang validator kompeten yang berasal dari dua validator merupakan dosen dan seorang validator merupakan guru matematika dan telah dinyatakan valid.Dari penelitian yang dilakukan, data yang didapat telah diuji normalitas datanya dengan uji Liliefors dan uji F dan dinyatakan sebaran data berdistribusi normal dan sampel data yang diambil dapat mewakili populasi yang ada atau dikatakan homogen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata posttest kelas Eksperimen Snowball Throwing sebesar 78,25 dan kelas Eksperimen Snowball Drilling sebesar 70,90. Dari hasil uji hipotesis posttest diperoleh t hitung > t tabel( 1,901> 1,665) dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik daripada Snowball Drilling pada sub materi Turunan di SMA Negeri 11 Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Snowball throwing; Snowball drilling; Pembelajaran kooperatif; Turunan; Matematika; Hasil belajar; Model pembealaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:26
Last Modified: 31 Oct 2017 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26907

Actions (login required)

View Item
View Item