PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI RAMPAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sianipar, Robet Kennedi (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI RAMPAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview

Abstract

Masalah pokok yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah : Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah tahun pelajaran 2015/2016 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel? Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah tahun pelajaran 2015/2016 yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ? Bagaimana perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah tahun pelajaran 2015/2016 pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel?
Penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah tahun pelajaran 2015/2016 pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah tahun pelajaran 2015/2016 pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah tahun pelajaran 2015/2016 pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah tahun pelajaran 2015/2016. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas yang terdiri dari 37 orang kelas VIII-1 dan 38 orang kelas VIII-4. Dari hasil uji coba dinyatakan bahwa kualitas soal-soal baik karena instrument tersebut valid dimana validitas terendah 0,41 (validitas cukup) dan validitas tertinggi 0,61 (validitas cukup) yaitu dengan menggunakan rumus product moment. Test reliable karena koefisien reliabilitas diperoleh 0,86 yang lebih besar bila dibandingakn dengan nilai table dengan  = 0,05 maka rtabel = 0,561. Daya pembeda item terendah adalah 0,20 (cukup) dan tertinggi (0,60) baik. Dengan demikian dapat dikatakan kualitas tes baik dan dapat digunakan sebagai pengumpul data dalam penelitian ini. Dari hasil data penelitian diperoleh uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors ditemukan bahwa data hasil kedua kelompok berdistribusi normal. Dari hasil uji homogen kelas memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. Uji homogenitas FHitung = 1,18 < FTabel yaitu 1,74 dengan  = 0,05 artinya sampel homogen. Dari hasil analisis data yang diperoleh rataan = 12,5 dan simpangan baku = 3,03 untuk kelas eksperimen, serta rataan = 11,03 dan simpangan baku = 3,30 untuk kelas kontrol. Artinya rata rata dan simpangan baku dikelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata rata dan simpangan baku di kelas kontrol. Untuk uji selisih dua rataan thitung >ttabel yaitu 2,016 > 1,996 maka dapat
disimpulkan bahwa rataan kedua sampel berbeda secara signifikan.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: ada perbedaan yang signifikan antar hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran koperatif tipe TAI dengan model pembelajaran konvensional pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Rampah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Persamaan linear; Team assisted individualization; Pembelajaran konvensional; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:01
Last Modified: 30 Oct 2017 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26902

Actions (login required)

View Item
View Item