Aruan, Yuliani and Harahap, Elvi Rahayu (2017) PENERAPAN ALAT PERAGA GEOMETRI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS ALI IMRAN MEDAN T.A 2015/2016. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII MTs Ali Imran T.A 2015/2016 dengan menggunakan strategi pembelajaran inquiri dan alat peraga geometri.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui hasil belajar siswa peneliti menggunakan lembar observasi fakta pembelajaran dan tes hasil belajar matematika secara individu.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Ali Imran yang berjumlah 28 siswa/i. sebelum pemberian tindakan, persentasi ketuntasan klasikal diperoleh 32,1 % (9 orang) dengan rata-rata penguasaan siswa 64% dan setelah pemberian tindakan melalui strategi inquri tes hasil belajar matematika siswa pada siklus I persentase ketuntasan klasikal diperoleh 60,7% (17 orang) dengan rata-rata penguasaan siswa 70,36%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II mendapatkan persentase klasikal sebesar 85,7% (24 orang) dengan rata-rata penguasaan siswa 79,29%. Dan kemudian pada siklus III persentase klasikal diperoleh 89,3% (25 orang) dengan rata-rata penguasaan siswa 80%. Sehingga dari kondisi sebelum diberi tindakan hingga perbaikan siklus diperoleh sebesar 57,2%.
Dari hasil temuan tindakan kelas ini maka peneliti menyimpulkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi inquiri dan alat peraga geometri kelas VIII Mts Ali Imran .
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Geometri; Alat peraga; Pembelajaran inkuiri; Strategi pembelajaran; Hasil belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 03:39 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26898 |