Dermawan, Dwi Ardy (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing. Masalah diidentifikasi berdasarkan hasil observasi awal yang terdiri dari tes awal dan wawancara dengan guru matematika. Tes awal dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis dan referensi untuk pengelompokan siswa dalam pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII-1 SMP N 1 Rantau Selatan tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 35 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diukur dengan empat indikator, yaitu kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi, dengan model pembelajaran problem posing. Tingkat ketuntasan yang direncanakan dalam penelitian ini ≥ 80% dari total siswa yang mengikuti tes. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dilakukan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian ini dapat dilihat: (1) Tes pada siklus 1, dituntaskan oleh 21 siswa dan tidak tuntas 14 siswa, dengan ketuntasan klasikal 60%. (2) Tes pada siklus 2, dituntaskan oleh 29 siswa dan tidak selesai hanya 6 siswa, dengan ketuntasan klasikal 82,85%.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Problem posing; Model pembelajaran; Berpikir kreatif; Kemampuan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 03:05 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26894 |