ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII-A SMP SWASTA IMELDA MEDAN

Fauza, Adrina and Sinaga, Nova Yanti and Mukasyaf, Fikri (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII-A SMP SWASTA IMELDA MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang merupakan sarana untuk berpikir logis dan sistematik sehingga matematika memiliki peranan yang cukup penting dalam membentuk siswa untuk menjadi lebih berkualitas. Namun itu tidaklah menjamin bahwa hasil belajar siswa pada bidang studi matematika baik, kenyataan yang ada malah sebaliknya. Tinggi rendahnya kemampuan dan hasil belajar matematika siswa dalam suatu proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya, karena banyaknya siswa yang menganggap matematika sulit dipelajari. Kesulitan tersebut terletak pada sulitnya siswa menyelesaikan soal matematika. Kesulitan itu terjadi karena siswa kurang memahami materi yang diajarkan di kelas. Hal ini menyebabkan siswa tidak bisa menjawab soal atau salah dalam menyelesaikan permasalahan soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan di kelas VII A SMP Swasta Imelda Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Dilaksanakan di SMP Swasta Imelda Medan dengan subjek kelas VII A. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dengan teknik tes. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis dilakukan terhadap jawaban siswa dalam menjawab soal tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh; 1) nilai rata-rata untuk seluruh siswa sebesar 0,39 dan nilai total sebesar 39, artinya kemampuan menyelesaikan soal materi himpunan para subjek penelitian tergolong rendah (8 dari 10 orang siswa tergolong kategori rendah) namun terdapat 2 orang yang tergolong tinggi, dan 2, 2) terdapat kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa seperti: kesalahan dalam mendaftarkan anggota himpunan, kesalahan dalam menentukan notasi himpunan, dan kesalahan dalam merepresentasikan hubungan antarhimpunan ke dalam diagram venn.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Himpunan; Matematika; Penyelesaian soal; Kesalahan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 02:59
Last Modified: 30 Oct 2017 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26893

Actions (login required)

View Item
View Item