Harahap, Azizah Yusra Amaliyah (2017) PENERAPAN STRATEGI MASTERY LEARNING TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 SIPIROK. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemecahan masalahmatematika siswa pada pokok bahasan Operasi Hitung Aljabar dan juga untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menerapkan strategi Mastery Learning dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Instrument tes digunakan untuk mengetahui pemecahan masalah matematika siswa, dari hasil validitas diperoleh thitung=6,07 dan ttabel=2,00, sehingga thitung>ttabel,ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan analisa data diperoleh bahwa ada peningkatan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan strategi Mastery Learning dimana rata-rata hasil belajarnya adalah 80,30, sedangkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional rata-rata hasil belajarnya 62,10. Uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelompok data berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh penerapan strategi Mastery Learning terhadap pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pemecahan masalah; Strategi pembelajaran; Mastery learning; Aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 02:41 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26890 |