Sinurat, Ricky Pandapotan (2017) PENGEMBANGAN MODUL PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA KELAS X YANG INOVATIF BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133131052 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM. 4133131052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM. 4133131052 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4. NIM. 4133131052 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM. 4133131052 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
6. NIM. 4133131052 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 4133131052 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 4133131052 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM. 4133131052 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
13. NIM. 4133131052 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 4133131052 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh modul penuntun praktikum kimia berbasis proyek yang standar untuk siswa kelas X SMA/MA semester II pada materi hukum dasar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di Sumatera Utara, seluruh guru kimia di SMA Negeri 4 Medan, seluruh dosen kimia di Unimed dan seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 4 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas (30 siswa) SMA Negeri 4 Medan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and research) dengan metode ADDIE (analysis , design, development, implementation, and evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan telah layak dan standar sesuai dengan BSNP. Modul penuntun praktikum hukum dasar kimia terdiri dari percobaan: hukum kekekalan massa ,hukum perbandingan tetap, hukum perbandingan volume, dan hukum Avogadro. Standarisasi modul penuntun praktikum yang dikembangkan menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif dengan nilai rata-rata 3,46 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penutun praktikum yang ada di sekolah (penuntun praktikum A= 3,00 dan penuntun praktikum B= 2,87). Uji coba modul penuntun praktikum meningkatkan hasil belajar rata-rata nilai gain sebesar 0,76 dengan nilai rata-rata aktivitas siswa 86,80. Data peningkatan hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan uji t pihak kanan satu kelompok. Uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (9,66> 1,69) pada taraf 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa modul penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan layak digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 207 |
Keywords: | Modul Penuntun Praktikum ; Pengembangan ; Hukum Dasar Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:22 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26872 |