Limbong, Eva Rofinta (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA VIRTUAL DAN REAL LAB DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI TITRASI ASAM BASA DI SMA N 1 GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4132131007 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM 4132131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM 4132131007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 4132131007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
5. NIM 4132131007 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
6. NIM 4132131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM 4132131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
8. NIM 4132131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. NIM 4132131007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
10. NIM 4132131007 BAB I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
14. NIM 4132131007 BAB V.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
15. NIM 4132131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dengan menggunakan media dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa, antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan rendah serta interaksinya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain anava 2 x 2. Sampel yang diambil adalah 2 kelas dengan masing-masing 26 siswa yaitu kelas eksperimen I yang diberikan perlakuan dengan model PBL menggunakan media Virtual Lab dan pada kelas kelas ekperimen II yang diberikan perlakuan dengan model PBL menggunakan media Real Lab pada materi titrasi asam basa pada T. A. 2016/2017. Data untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 40 soal dan reliabel (0,913). Dan untuk motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket motivasi belajar dengan menggunakan data instrumen yang telah valid. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05, diperoleh bahwa Fhitung (A) dab (B) sebesar 18,551 sedangkan harga Ftabel (0,05) (1,48) = 4,04 maka Fhitung > Ftabel. Hal tersebut menunjukkan ada interaksi antara model pembelajaran dengan menggunakan media ditinjau dari motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model PBL dengan media Virtual Lab pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi memberikan rataan tertinggi yakni (75,536 ± 10,10), dan rataan pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajarkan dengan model PBL dengan media Real Lab yakni (75,2 ± 9,43). Selanjutnya diperoleh bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model PBL dengan media Virtual Lab pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah memberikan rataan yakni (71,59 ± 10,74), dan pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajarkan dengan model PBL dengan media Real Lab yakni (72,32± 10,94). Pada BNT, siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi tidak berbeda nyata hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran dengan menggunakan media dan untuk motivasi belajar rendah tidak berbeda nyata hasil belajar kimia siswa yang diajarakan dengan model pembelajaran dengan menggunkan media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 208 |
Keywords: | Hasil Belajar, Media Virtual Lab, Media Real Lab, Model Pembelajaran PBL, Motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:22 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26871 |