Jauharina, Nurul (2017) PENGARUH PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133131044 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. NIM 4133131044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
3. NIM 4133131044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM 4133131044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 4133131044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM 4133131044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
7. NIM 4133131044 TABLES.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
8. NIM 4133131044 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 4133131044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
13. NIM 4133131044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM 4133131044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Media e-learning berbasis website merupakan bentuk pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi berupa komputer yang dilengkapi dengan sambungan internet. Penelitian ini bertujua nuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis website pada pokok bahasan reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Yayasan Pendidikan Panca Abdi Bangsa (PABA) Binjai sebanyak 71 orang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak satu kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua ranah yaitu kognitif dan afektif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk objective test sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan untuk mengukur ranah afektif digunakan lembar observasi aktivitas yang sudah dinyatakan valid. Berdasarkan perhitungan rata-rata aktivitas diperoleh persen keaktifan sebesar 83.4% yang menunjukkan aktivitas siswa sangat aktif. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test dua pihak. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung= 56.15 sedangkan ttabel = 2.0315 untuk α = 0.05 dan db = 35. Dengan demikian thitung >ttabel maka hipotesis Ha diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh penerapan media e-learning berbasis website terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas X pada materi reaksi redoks dengan persen peningkatan hasil belajar sebesar 83% dan aktivitas belajar siswa termasuk criteria sangat aktif dengan persen keaktifan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 225 |
Keywords: | MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBSITE, HASIL BELAJAR, AKTIVITAS BELAJAR, REAKSI REDOKS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:15 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26856 |