Teviana, T. and Riyanti, Eva (2015) ANALISIS PERBANDINGAN PERSEPSI KONSUMEN MINIMARKET INDOMARET DENGAN ALFAMART DI ISMALIYAH KECAMATAN MEDAN AREA KOTA MEDAN. Jurnal PLANS (Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis), 10 (01). pp. 44-54. ISSN 1978-7057
Fulltext.pdf - Published Version
Download (849kB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah perbedaan persepsi antara konsumen Indomaret dan konsumen Alfamart terhadap pelayanan, kelengkapan produk dan harga. Konsumen membanding-bandingkan karakteristik toko yang dirasakan sesuai dengan kriteria dari konsumen tersebut. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi konsumen Indomaret dan Alfamart yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan pada minimarket Indomaret dan Alfamart yang berlokasi di Ismaliyah Kecamatan Medan Area Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di minimarket Indomaret dan Alfamart, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus literasi sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini sebesar 100 responden konsumen Indomaret dan 100 responden konsumen Alfamart sehingga total sampel menjadi 200 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T-Test serta diolah dengan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian setelah diadakan pengujian dengan T-Test secara parsial dari masing-masing variabel ditemukan perbedaan yang signifikan dan berada dibawah level of significance yang digunakan (a = 0,05) sehingga menolak H0. Besarnya perbedaan persepsi konsumen Indomaret dan konsumen Alfamart terhadap pelayanan sebesar 11691.00>8409.00, kelengkapan produk sebesar 11696.50>8403.50 dan harga sebesar 11498.00>8602.00. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yaitu ada perbedaan persepsi konsumen minimarket Indomaret dengan Alfamart di Ismaliyah Kecamatan Medan Area Kota Medan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pelayanan; Kelengkapan produk; Harga |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 01:55 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26829 |