PENGARUH STRATEGI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KALKULUS II DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Purba, Glory Indira D. (2017) PENGARUH STRATEGI BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KALKULUS II DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh strategi blended learning dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata kuliah Kalkulus II ditinjau dari gaya belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika semester 2 Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2015/2016, dengan anggota sampel sebanyak 66 orang mahasiswa yang terdiri dari 32 orang di kelas kontrol dan 34 orang di kelas eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data motivasi belajar matematika dan gaya belajar mahasiswa dikumpulkan melalui angket. Skor motivasi belajar matematika dan gaya belajar mahasiswa dianalisis secara deskriptif, dan untuk skor motivasi belajar mahasiswa dianalisis dengan menggunakan Anava Dua Jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey dan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar matematika mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif berbantuan strategi blended learning lebih baik daripada motivasi belajar matematika mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif (2) motivasi belajar matematika mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif berbantuan strategi blended learning lebih baik daripada motivasi belajar matematika mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif pada gaya belajar visual, auditorial, maupun kinestetik (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap motivasi belajar mahasiswa (Fhitung= 5,042 > F(005)= 3,09). Mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual, memiliki rata-rata motivasi belajar matematika tertinggi yaitu 85,09, kemudian disusul gaya belajar kinestetik yaitu 82,47, dan rata-rata terendah diperoleh kelompok mahasiswa dengan gaya belajar auditorial yaitu 76,15.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Blended learning; Strategi pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Motivasi belajar; Kalkulus; Gaya belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Oct 2017 02:46
Last Modified: 26 Oct 2017 02:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26822

Actions (login required)

View Item
View Item