Barus, Yenita Anggraini (2017) ANALISIS INTERNALISASI PRINSIP-PRINSIP PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 3 LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
01. NIM 8156132025 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
02. NIM 8156132025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
03. NIM 8156132025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
04. NIM 8156132025 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
05. NIM 8156132025 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06. NIM 8156132025 TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM 8156132025 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 8156132025 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM 8156132025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM 8156132025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM 8156132025 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui internalisasi prinsip edukatif, partisipatif, dan berkelanjutan program adiwiyata yang dapat diinternalisasikan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa yang terlibat dalam penyelenggaraan program adiwiyata. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality Cheklist, lembar observasi, pedoman wawancara. Hasil penelitian internalisasi prinsip edukatif program adiwiyata menunjukkan bahwa siswa sangat inovatif menghasilkan suatu karya. Tenaga pendidik menerapkan metode yang melibatkan peserta didik secara aktif antara lain: demonstrasi, diskusi kelompok, simulasi (bermain peran), pengalaman lapangan, curah pendapat, debat, simposium, praktek lapangan, observasi, project, percontohan. Tenaga pendidik telah mengembangkan isu lokal dan global serta menguasai konsep dan mampu mengaplikasikan konsep tersebut dalam memecahkan masalah lingkungan hidup. Internalisasi prinsip partisipatif program adiwiyata terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu menetapkan mata pelajaran, mengidentifikasi kompetensi dasar dan indikator, mengidentifikasi prinsip-prinsip adiwiyata yang relevan, menetapkan tujuan, membuat matriks materi terhadap prinsip-prinsip adiwiyata. Prinsip partisipatif program adiwiyata, tenaga pendidik telah mengembangkan indikator pembelajaran dan instrumen penilaian yang terkait dengan perlindungan pengelolaan lingkungan hidup. Internalisasi prinsip berkelanjutan program adiwiyata secara berkelanjutan tenaga pendidik mengembangkan metode, isu lokal dan global, indikator, rencana pelaksanaan program pembelajaran, penguasaan konsep dan pengamplikasian konsep. Prinsip berkelanjutan program adiwiyata menunjukkan sekolah SMP N 3 Lubuk Pakam telah melaksanakan program adiwiyata mandiri dengan kategori sangat baik. SMP N 3 Lubuk Pakam juga mengikuti kegiatan Opung Sari Basah Bang dan sekolah adipura.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Bar a |
Keywords: | Internalisasi; Prinsip-prinsip program adiwiyata; Perencanaan pembelajaran; Sekolah menengah pertama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:34 |
Last Modified: | 23 Oct 2017 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26796 |