Iqbal (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENCANA PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD. Masters thesis, UNIMED.
1. IQBAL. NIM. 8156182023 - COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. IQBAL. NIM. 8156182023 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
3. IQBAL. NIM. 8156182023 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
4. IQBAL. NIM. 8156182023 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. IQBAL. NIM. 8156182023 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. IQBAL. NIM. 8156182023 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. IQBAL. NIM. 8156182023 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. IQBAL. NIM. 8156182023 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9. IQBAL. NIM. 8156182023 - BAB I.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
13. IQBAL. NIM. 8156182023 - BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. IQBAL. NIM. 8156182023 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam; (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060856 Medan, yang terdiri dua kelas yang berjumlah siswa 60 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V-A dan V-B. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar IPA berupa pilihan ganda dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media video terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT (x ̅ ꞊ 82,00), sedangkan yang diajar dengan model pembelajaran DI (x ̅ ꞊ 72,27) dengan nilai sig. 0,000; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang yang bermotivasi tinggi (x ̅ ꞊ 81,46), sedangkan siswa yang bermotivasi rendah (x ̅ ꞊ 67,79), dengan nilai sig.0,000; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi bencana peristiwa alam dengan nilai sig. 0,031, dimana hasil belajar siswa optimal pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT untuk motivasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.9 Iqb p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography > GB5000 Natural disasters L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Oct 2017 09:33 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 01:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26792 |