Nur, Ramli (2015) INTERNALISASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA. In: Seminar Nasional dalam Rangka Memperingati Hari Guru, 28 Nov 2015, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menggambarkan kurikulum yang diterapkan di sekolah-sekolah dasar islam. Proses internalisasi nilai-nilai agama islam dalam sikap dan perilaku siswa dan hubungan proses internalisasi nilai-nilai agama islam terhadap sikap siswa dan perilaku. Proses internalisasi nilai-nilai islam terhadap sikap siswa dan perilaku menggunakan biasanya menggunakan pendekatan; membujuk dan membiasakan, menumbuhkan kesadaran, dan menunjukkan disiplin dan menjunjung tinggi aturan sekolah itu. Metode pengajarannya mencakup pemodelan, ibra dengan bercerita, ucapan dan mau'zah (saran), tanya jawab, demonstrasi, habbit formasi, lapangan/pengalaman nyata, tugas, outbound, bernyanyi. Dan penggunaan model kurikulum dan internalisasi nilai-nilai agama islam terbukti dapat membentuk sikap siswa dan perilaku yang taat kepada Allah baik untuk sesama makhluk dan alam, kepribadian yang baik, tanggung jawab, dan berpikir kritis.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Sikap; Perilaku; Agama islam; Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 10:03 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 10:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26767 |