Nur, Ramli and Siregar, Hafni Laila (2016) KOMPETENSI DOSEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENGARUHNYA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DI MEDAN. In: Seminar Nasional Hilirisasi Penelitian 2016, 21 Dec 2016, Medan.
Fulltext.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha, bentuk kompetensi dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) dan pengaruhnya dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa Universitas Negeri Medan di Medan.
Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, mencari korelasi antara dua variabel yaitu variabel bebas (variabel x) dan variabel terikat (variabel y). Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi lapangan.
Hasil penelitian disajikan dalam bentuk narasi, tabel/matriks dan rumus hitung. Disimpulkan hasilnya bahwa dosen-dosen PAI telah melaksanakan kompetensi yang terdapat dalam teori pendidikan dengan baik. Adapun tingkat kesadaran mahasiswa untuk mengikuti proses belajar mengajar sudah tergolong baik, sehingga pengaruh yang terlihat antara kompetensi yang dilakukan dosen untuk meningkatkan disiplin, prestasi belajar mahasiswa Universitas Negeri Medan sudah positif (baik).
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan agama; Kualitas pembelajaran; Dosen; Prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 04:09 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26765 |