Husni, Nora (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IIS MAN PANYABUNGAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 7121142031 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2.NIM. 7121142031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
4.NIM. 7121142031 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
3.NIM. 7121142031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5.NIM. 7121142031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6.NIM. 7121142031 TABLES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7.NIM. 7121142031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8.NIM. 7121142031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
9.NIM. 7121142031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
13.NIM. 7121142031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14.NIM. 7121142031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IIS MAN Panyabungan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model Pembelajaran Exlpicit Instruction dengan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Metode Konvensional terhadap siswa kelas XI IIS MAN Panyabungan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN Panyabungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS MAN Panyabungan berjumlah 105 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS1 (Eksperimen ) yang berjumlah 30 orang dan XI IIS2 (Kontrol ) yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban.
Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai rata-rata, standar deviasi, normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen Explicit Instruction dengan Strategi Pembelajaran Think Talk Write 82,5 dengan standar deviasi 9,26 dan nilai rata-rata kelas Kontrol 76,33 dengan standar deviasi 9,09. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan data, hipotesis yang diperoleh thitung= 4,293 dan ttabel = 1,671. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,691>1,671 dengan kata lain Ha diterima dan H0 di tolak artinya hasil belajar akuntansi pada materi pokok “Jurnal Umum” yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada kelas XI IIS MAN Panyabungan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 150 |
Keywords: | Pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran think talk write, metode konvensional, hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:43 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 05:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26752 |