Wahyuni, Ridha (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAL UIN SU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142037_COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM. 7131142037_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM. 7131142037_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 7131142037_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM. 7131142037_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 7131142037_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 7131142037_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM. 7131142037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
9. NIM. 7131142037_BAB I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
13. NIM. 7131142037_BAB V.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
14. NIM. 7131142037_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XII IPS MAL UIN SU Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran
Heuristik dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode
pembelajaran konvensional XII IPS MAL UIN SU Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di MAL UIN SU Medan yang beralamat di di
Jl. IAIN/Sutomo No.1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XII IPS terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 68 siswa. Sampel dalam
penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas XII IPS 1
sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XII IPS 2 sebagai
kelas kontrol sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, sebelum tes diberikan kepada
sampel yang sebenarnya, dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui
validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors,
uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika
thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas
eksperimen = 41,66 dengan standar deviasi = 11,33 dan nilai rata-rata postes
siswa = 81,83 dengan standar deviasi = 11,48 sedangkan nilai rata-rata pretest
siswa kelas kontrol = 40,33 dengan standar deviasi = 10,74 dan nilai rata-rata
postest siswa = 68,66 dengan standar deviasi = 11,13. Dari analisis data yang
diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal ( < dan
homogen ( < . Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan uji t dan diperoleh ( yang berarti
hipotesis yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang
diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Heuristik lebih tinggi secara
signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode
pembelajaran konvensional pada pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan
dagang pada siswa kelas XII IPS MAL UIN SU Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 154 |
Keywords: | strategi pembelajaran heuristik, metode pembelajaran konvensional, hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:42 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26747 |