Tarihoran, Afwan (2009) HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI KABUPATEN TAPANULI SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
071188130024 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (546kB) | Preview
071188130024 Abstrak.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
071188130024 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
071188130024 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071188130024 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
071188130024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran; (2) apakah terdapat hubungan antara motivasi kerja kepala sekolah dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran, dan (3) apakah terdapat hubungan antara perilaku kepemimpinan dan motivasi kerja kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran.Metode penelitian adalah metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Penelitian dilakukan di SMP Negeri Kabupaten Tapanuli Selatan dengan populasi semua guru SMP Negeri berjumlah 809 orang yang tersebar di 34 Sekolah. Pengarnbilan sampel dilakukan secara proporsional acak strata berdasarkan status guru yang terdiri dari PNS dan Non PNS dan jenjang pendidikan guru yang terdiri dari sarjana (S-1) dan tidak sarjana (S-0) dengan jumlah sampel 264 orang. Guna mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan ujicoba instrumen terhadap 30 orang guru dari populasi di luar sampel penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis statistik terdiri dari analisis diskripsi, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran positif dan signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,5489 dan persamaan regresi Y = 37,83 + 0,51X1; (2) hubungan antara motivasi kerja kepala sekolah dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran positif ,dan signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,4049 dan persamaan regresi Y = 48,75 +0,36X2; dan (3) hubungan antara perilaku kepemimpinan dan motivasi kerja kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran positif dan signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,564 dan persamaan regresi Y = 32,49 + 0,433X1 + 0,135X2.Penelitian ini menyimpulkan: (1) perilaku kepemimpinan kepala sekolah mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran dengan kontribusi sebesar 25,58%; (2) motivasi kerja kepala sekolah mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran dengan kontribusi sebesar 6,24%; dan (3) perilaku kepemimpinan dan motivasi kerja kepala sekolah secara bersama-sama mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru dalam proses pembelajaran dengan kontribusi sebesar 31,82%. Dengan demikian disarankan dalam meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran perlu ditingkatkan perilaku kepemimpinan dan motivasi kerja kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 068 Tar h |
Keywords: | Pembelajaran; Perilaku kepemimpinan; Kepala sekolah; Guru; Motivasi kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2674 |