Simarmata, Elida (2017) PENGARUH KONDISI EKONOMI DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SILAHISABUNGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132141043 COVER.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
2.NIM 7132141043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
3. NIM 7132141043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM 7132141043 BAB V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14 NIM 7132141043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7. NIM 7132141043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 7132141043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 7132141043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
8. NIM 7132141043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
9. NIM 713214043 BAB I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kondisi ekonomi dan tingkat pendidikan orangtua berpengaruh terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silahisabungan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Silahisabungan yang berjumlah 95 orang dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampel yang berjumlah 95 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket. Uji validitas untuk item angket menggunakan rumus korelasi product moment, realiabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus crocbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t (uji parsial), uji F (uji simultan) dan analisis koefisien determinasi.
Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 19.0 diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 23,194 + 0,644X1 + 0,193X2. Selanjutnya variabel kondisi ekonomi (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan nilai thitung> ttabel (6,378>1,661) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Kemudian variabel tingkat pendidikan orangtua (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan nilai thitung> ttabel (2,371>1,661) dan nilai signifikansi (0,020 < 0,05). Secara bersama-sama kondisi ekonomi dan tingkat pendidikan orangtua memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan Nilai Fhitung > Ftabel (33,335 > 3,09) dan nilai Sig sebesar (0.000<0,05).
Kepada siswa diharapkan agar tetap semangat dalam belajar, sekalipun kondisi ekonomi dan tingkat pendidikan orangtua kurang medukung tidak menjadi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Bagi orangtua hendaknya berusaha semaksimal mungkin dalam usaha meningkatkan pendapatannya dengan bekerja lebih giat lagi dan mencari pekeraan tambahan melalui pelatihan supaya tingkat pendapatan bisa bertambah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 131 |
Keywords: | KONDISI EKONOMI; TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA; MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 10:39 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26738 |