Waruwu, Binahati (2009) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KEPUASAN KERJA GURU DI SMA NEGERI KECAMATAN GUNUNG SITOLI KABUPATEN NIAS. Masters thesis, UNIMED.
081188130026 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
081188130026 Abstrak.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
081188130026 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
081188130026 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
081188130026 Bab V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
081188130026 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan positif yang signifikan antara: (1) persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, (2) iklim organisasi dengan kepuasan kerja guru, dan (3) persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah dan iklim organisasi secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kecamatan Gunungsitoli Kabupaten Nias.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri di Kecamatan Gunungsitoli Kabupaten Nias yang berjumlah 170 orang dan sampel penelitian sebanyak 42 orang yang diambil secara stratifikasi random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket, dengan ujicoba lebih dahulu.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah dan iklim organisasi serta kepuasan kerja guru tergolong ke dalam kategori cukup. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru, koefisien korelasi 0,6482. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim organisasi dengan kepuasan kerja guru, koefisien korelasi 0,4920. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru di SMA Negeri Kecamatan Gunungsitoli Kabupaten Nias dengan koefisien korelasi 0,7570. Pengujian dilakukan pada taraf signifikansi α = 0,05, dk = 42. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan kepuasan kerja guru dibutuhkan persepsi guru tentang kecerdasan emosional kepala sekolah dan iklim organisasi yang balk.Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Nias, kepala sekolah, dan guru dalam hal peningkatan kepuasan kerja guru, serta peneliti lainnya untuk memperdalam informasi tentang penelitian lain yang relevan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 068 War h |
Keywords: | Kepuasan kerja; Kepala sekolah; Iklim organisasi; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2673 |