Mora, Diva Triana (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TEKNIK CURAH PENDAPAT (BRAINSTORMING) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI PADA MANUSIA DI KELAS XI MIA 1 SMA N 1 P. Undergraduate thesis, UNIMED.
(1) NIM 4133341081 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
(2) NIM 4133341081 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
(3) NIM 4133341081 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
(4) NIM 4133341081 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
(5) NIM 4133341081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
(6) 4133341081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
(7) NIM 4133341081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
(8) NIM 4133341081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
(9) NIM 4133341081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
(10) NIM 4133341081 BAB 1.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
(14) NIM 4133341081 BAB 5.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
(15) NIM 4133341081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan teknik curah pendapat (Brainstorming) di kelas XI MIA 1 SMA N 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 yang berjumlah 32 orang siswa. Pengamatan aktivitas siswa dilakukan oleh empat orang observer masing-masing mengamati 8-12 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda serta pengamatan aktivitas siswa dalam bentuk uraian dan lembar observasi. Kegiatan perbaikan pembelajaran pada siklus I: siswa mengutarakan pendapatnya. Pada siklus II: guru memberi pertanyaan yang berhubungan dengan soal game ataupun tournament. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata pretest siswa adalah 60,81 dengan ketuntasan klasikal 12,5% sedangkan hasil rata-rata posttest pada siklus I adalah 72,80 dengan ketuntasan klasikal 53,12% dan hasil rata-rata posttest siklus II adalah 81,96 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 34,38%. Untuk hasil aktivitas belajar siswa ditemukan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, secara klasikal aktivitas melihat dari siklus I ke siklus II meningkat 23,43%. Aktivitas berbicara meningkat 32,82%. Aktivitas mendengar meningkat 33,59%. Aktivitas menulis meningkat 13,28%. Hal ini berarti bahwa kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan teknik curah pendapat (Brainstorming) di kelas XI MIA 1 SMA N 1 Percut Sei Tuan T.P 2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa dari siklus I sampai siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 152 |
Keywords: | Hasil belajar; aktivitas belajar; model pembelajaran kooperatif; Teams Games Tournament (TGT); teknik curah pendapat (Brainstorming) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 10:13 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26700 |