Ompusunggu, Esra Tririna (2017) PENGARUH ETOS KERJA GURU DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS SMA N 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7133141023 COVER.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
2.NIM 7133141023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
3. NIM 7133141023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
4. NIM 7133141023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5. NIM 7133141023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
6. NIM 7133141023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7. NIM 7133141023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM 7133141023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
9. NIM 7133141023 BAB I.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
13. NIM 7133141023 BAB V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
14. NIM 7133141023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah etos kerja guru dan aktivitas belajar siswa yang rendah menyebabkan prestasi belajar siswa tidak tercapai dengan prestasi yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etos kerja guru dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi Kelas XI IPS SMA N 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Siantar Narumonda yang berjumlah 108 siswa kemudian diambil sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 86 siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), uji “t” secara parsial dan uji “F” secara simultan. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara etos kerja guru terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttabel = 6,701 >1,988, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttabel (4,783>1,988), (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara etos kerja guru dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai Fhitung = 66,691>3,11 dengan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan df = n-2. Hasil regresi linear berganda Y = 45,150+ 0,300 X1 + 0,159 X2. Hasil uji R2, sebesar 0,616 atau 61,6%, sedangkan sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model yang diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara etos kerja guru dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA N 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 130 |
Keywords: | Etos Kerja Guru; Aktivitas Belajar Siswa; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 14:10 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 07:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26676 |