Sitepu, Rifani (2017) PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP KUALITAS LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DESA BULANJAHE KECAMATAN BARUSJAHE KABUPATEN KARO. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133171025_COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 1133171025_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
3. NIM. 1133171025_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 1133171025_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. NIM. 1133171025_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1133171025_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1133171025_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1133171025_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1133171025_BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
13. NIM. 1133171025_BAB V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14. NIM. 1133171025_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak orang tua lebih memilih memasukkan anak mereka ke lembaga PAUD yang jaraknya jauh dari tempat tinggal mereka. Kualitas lembaga pendidikan anak usia dini di Desa Bulanjahe Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo kurang memadai. Pengetahuan orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap kualitas lembaga pendidikan anak usia dini di Desa Bulanjahe Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang persepsi yang dikemukakan oleh Suharman (2005: 23), “persepsi merupakan suatu proses menginterpretasikan atau menafsir informasi yang diperoleh melalui sistem alat indera manusia”. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah sebanyak 38 KK orang tua yang memiliki anak usia dini. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) serta teknik analisis datanya menggunakan rumus P=F/N x 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua terhadap kualitas lembaga pendidikan anak usia dini terhadap standar tingkat pencapaian perkembangan dikategorikan Baik terlihat dari jawaban responden yaitu sebanyak (64,8%), standar pendidik dan tenaga kependidikan dikategorikan Baik yaitu sebanyak (57,3%), standar isi, proses, dan penilaian dikategorikan Kurang Baik yaitu sebanyak (48,4%), standar sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan dikategorikan Kurang Baik yaitu sebanyak (47,6)%. Jadi kualitas lembaga pendidikan anak usia dini dikategorikan Kurang Baik berdasarkan hasil jawaban responden yaitu sebanyak 41,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PLS 063 |
Keywords: | Persepsi; Pendidikan anak usia dini; Kualitas layanan lembaga |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 13:30 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26673 |