Zainuddin (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 PANYABUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3132121016 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 3132121016 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM 3132121016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4. NIM 3132121016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 3132121016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
6. NIM 3132121016 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM 3132121016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
8. NIM 3132121016 Chapter I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
12. NIM 3132121016 Chapter V.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM 3132121016 References.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi Pengaruh Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 3 Panyabungan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 panyabungan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Penelitian menggunakan instrument tes yang telah di uji cobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa di uji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang di dapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,76 sedangkan pada kelas kontrol 50,76. Untuk menarik kesimpulan maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t-Dua Pihak dengan hasil penelitian pada taraf signifikan 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa t_hitung > t α (10 > 2.0105) maka Ha diterima Ho ditolak, dengan demikian ada pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media audio-visual (flim) yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam bidang studi sejarah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 SJRH 086 |
Keywords: | Hasil belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Sep 2017 12:15 |
Last Modified: | 25 Sep 2017 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26643 |