Gewasari, Miska (2017) PENGARUH KOMPETENSI, KEPEMIMPINAN PEDAGOGIS KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI SPIRITUAL SEKOLAH, KEPUASAN KERJA PENGEMBANGAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN DELI SERDANG. Doctoral thesis, UNIMED.
809116010 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
809116010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
809116010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
809116010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langsung kompetensi guru, kepemimpinan pedagogis kepala sekolah, budaya organisasi spiritual sekolah, maupun pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kerja pengembangan guru, dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja guru di Kabupaten Deli Serdang. Populasi penelitian ini adalah guru SMA Negeri sekabupaten Deli Serdang berjumlah 1089 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 284 orang. Instrumen penelitian adalah angket dengan skala likert dan pedoman observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik path analysis. Hasil analisis menunjukkan: kepuasan kerja pengembangan guru dipengaruhi secara langsung oleh kompetensi guru sebesar 0,377. Motivasi berprestasi guru dipengaruhi secara langsung oleh kompetensi guru sebesar 0,368. Kinerja guru dipengaruhi secara langsung oleh kompetensi guru sebesar 0,161. Kepuasan kerja pengembangan guru dipengaruhi secara langsung oleh kepemimpinan pedagogis kepala sekolah sebesar 0,415. Motivasi berprestasi guru dipengaruhi secara langsung oleh kepemimpinan pedagogis kepala sekolah sebesar 0,406. Kinerja guru dipengaruhi secara langsung oleh kepemimpinan pedagogis kepala sekolah sebesar 0,336. Kepuasan kerja pengembangan guru dipengaruhi secara langsung oleh budaya organisasi spiritual sekolah sebesar 0,175. Motivasi berprestasi guru dipengaruhi secara langsung oleh budaya organisasi spiritual sekolah sebesar 0,349. Kinerja guru dipengaruhi secara langsung oleh budaya organisasi spiritual sekolah sebesar 0,175, kinerja guru dipengaruhi secara langsung oleh kepuasan kerja pengembangan guru sebesar 0,246. Kinerja guru dipengaruhi secara langsung oleh motivasi berprestasi guru sebesar 0,549. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh kompetensi guru melalui kepuasan kerja pengembangan guru sebesar 0,099. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh kepemimpinan pedagogis kepala sekolah melalui kepuasan kerja pengembangan guru sebesar 0,109. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh budaya organisasi spiritual sekolah melalui kepuasan kerja pengembangan guru sebesar 0,046. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh kompetensi guru melalui motivasi berprestasi guru sebesar 0,092. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh kepemimpinan pedagogis kepala sekolah melalui motivasi berprestasi guru sebesar 0,101. Kinerja guru dipengaruhi secara tidak langsung oleh budaya organisasi spiritual sekolah melalui motivasi berprestasi guru sebesar 0,087. Simpulan penelitian ini adalah: Kompetensi guru, kepemimpinan pedagogis kepala sekolah, dan budaya organisasi spiritual sekolah berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja pengembangan guru dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Deli Serdang”. Saran-saran berdasarkan hasil penelitian yang dapat diajukan adalah: Untuk meningkatkan kinerja guru perlu dilakukan berbagai upaya peningkatan kompetensi guru, perilaku kepemimpinan pedagogis kepala sekolah, budaya organisasi spiritual sekolah, kepuasan kerja pengembangan guru dan motivasi berprestasi guru.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 372.068 Gew p |
Keywords: | Kinerja; Kompetensi; Kepemimpinan; Budaya organisasi; Kepuasan kerja; Motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Sep 2017 11:22 |
Last Modified: | 22 Sep 2017 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26634 |