Tambun, Aser (2009) KONTRIBUSI PENGAWASAN INTERNAL DAN PENGAWASAN EKSTERNAL TERHADAP KINERJA SEKOLAH SMP NEGERI DI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
065030584 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
065030584 Abstrak.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
065030584 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
065030584 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
065030584 Bab V.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
065030584 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat kontribusi yang signifikan pengawasan internal terhadap kinerja sekolah?, (2) apakah terdapat kontribusi yang signifikan pengawasan eksternal terhadap kinerja sekolah?, dan (3) apakah terdapat kontribusi yang signifikan pengawasan internal dan pengawasan eksternal terhadap kinerja sekolah?.Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kontribusi pengawasan internal terhadap kinerja Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Deli Serdang, (2) untuk mengetahui kontribusi pengawasan eksternal terhadap kinerja Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Dell Serdang, (3) untuk mengetahui kontribusi pengawasan internal dan pengawasan eksternal terhadap kinerja Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Deli Serdang.Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis ex-post facto dengan pola kajian korelatif dengan menempatkan variabel penelitian ke dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Kabupaten Deli Serdang yang berada di masing-masing unit kerja. Sampel diambil sebanyak 190 orang guru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah kuesioner skala Likert. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis korelasi dan regresi sederhana dan ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengawasan internal mempunyai kontribusi yang signifikan dengan kinerja sekolah dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 50,25 %, (2) pengawasan eksternal mempunyai kontribusi yang signifikan dengan kinerja sekolah dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 22,59 %, dan (3) pengawasan internal dan pengawasan eksternal secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kinerja sekolah dengan besar sumbangan efektif sebesar 72,84%.Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengawasan internal dan pengawasan eksternal merupakan faktor menentukan peningkatan kinerja sekolah. Fakta empiris ini menujukkan bahwa Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang beserta jajarannya disarankan untuk memberikan perhatian khusus terutama dalam kaftan peningkatan kinerja sekolah melalui efektifitas kegiatan pengawasan balk secara internal maupun eksternal di masing-masing satuan pendidikan yang menjadi tanggung jawab dan pembinaan dinas untuk masa-masa yang akan datang.Disamping itu, peninglcatart kemampuan kepemimpinan kepala sekolah maupun pemberdayaan komite sekolah dalam melaksanakan pengawasan hendaknya terus dikembangkan melalui pelatihan dan penataran yang efektif sehingga akan menjadi faktor pendorong yang positif bagi peningkatan kinerja sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Tam k |
Keywords: | Sekolah; Pengawasan internal; Pengawasan eksternal; Kinerja sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 16 May 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2663 |