Mukhtar and Firdaus, Muliawan (2017) KEMAMPUAN INTERPRETASI, PEMODELAN, DAN TRANSFORMASI GRAFIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNIMED. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan interpretasi, pemodelan, dan transformasi grafis mahasiswa sebagai calon guru matematika. Untuk menggambarkan kemampuan grafis mahasiswa secara akurat, digunakan rancangan penelitian deskriptif dengan melibatkan 149 orang mahasiswa pendidikan matematika FMIPA Unimed. Data kuantitatif kemampuan grafis mahasiswa diperoleh dari tes tertulis dan data kualitatif diperoleh dari wawancara dengan beberapa orang mahasiswa secara individu. Hasil uji multivariat MANOVA satu arah memperlihatkan bahwa kemampuan grafis mahasiswa pendidikan matematika FMIPA Unimed secara signifikan bergantung pada tingkatan perkuliahan. Dengan kata lain, tingkatan mahasiswa memiliki pengaruh yang signifikan pada kemampuan interpretasi, pemodelan, dan transformasi grafis. Namun, masih terdapat mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan keterampilan grafik. Peningkatan kemampuan mahasiwa calon guru dalam penguasaan materi, teknologi, dan metode pengajaran akan mendukung penggunaan representasi grafis yang efektif dalam kegiatan pengajaran yang akan mereka
lakukan di masa mendatang sehingga akan menghasilkan peningkatan dalam keterampilan grafis siswa mereka.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Interpretasi grafis; Pemodelan grafis; Transformasi grafis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 08:38 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26627 |