PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

Pasaribu, Endi Zunaedy (2017) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematis siswa setelah menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing, serta untuk melihat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 350 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 100 siswa melalui teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, (2) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran langsung, (3) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal siswa dan model pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan temuan penelitian akan model pembelajaran penemuan terbimbing dapat direkomendasikan menjadi salah satu model pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kemampuan pemahaman; Komunikasi matematis; Model pembelajaran; Penemuan terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Sep 2017 07:27
Last Modified: 20 Sep 2017 07:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26616

Actions (login required)

View Item
View Item