Sribina, Nuraini (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (709kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan yang berjumlah 396 orang yang terdiri dari 11 kelas paralel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling random sederhana dengan menggunakan undian. Sampel yang diambil adalah kelas X10 dan X11 yang berjumlah 73 orang. Alat pengumpul data adalah angket dan tes. Hipotesis penelitian diuji dengan teknik analisis regresi dan korelasi. Uji linieritas dan uji keberartian regresi dilakukan dengan uji F. Hasilnya menunjukkan bahwa regresi linier dan berarti. Koefisien korelasi antara variabel lingkungan keluarga dengan variabel prestasi belajar matematika sebesar 0,31 dan koefisien korelasi antara variabel minat belajar siswa dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,23. Dengan teknik analisis regresi dan korelasi yang dilakukan maka variasi dalam variabel prestasi belajar matematika sekitar 9,61% dapat dijelaskan oleh variabel lingkungan keluarga melalui regresi linier sederhana Ŷ = 34,02 + 0,32X1 dan sekitar 5,29% dapat dijelaskan oleh variabel minat belajar siswa melalui regresi linier sederhana Ŷ = 36,89 + 0,26X2. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara lingkungan
keluarga dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan; Keluarga; Minat belajar; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 04:28 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26612 |