Harahap, Rona Liana and Harahap, Rahmadeni (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN STRATEGI EKSPOSITORI. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi Index Card Match dan strategi Ekspositori di kelas VII MTs Islamiyah Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Kelas VII-1 dan VII-2 MTs Islamiyah Medan dan sampel yang diambil adalah kelas VII-1 dan VII-2 MTs Islamiyah Medan. Kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan Kelas VII-2 sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 29 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 25 soal.
Hasil temuan menunjukkan bahwa kelas yang diajar menggunakan strategi Index Card Match diperoleh rata-rata 8,02 dan standar deviasi 1,18 dan kelas yang diajar dengan strategi Ekspositori diperoleh rata-rata 6,83 dan standar deviasi 1,35. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan t0 ttabel atau 3,95 1,671 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang menggunakan strategi Index Card Match dengan yang menggunakan strategi Ekspositori pada materi ajar segi empat.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Strategi pembelajaran; Strategi ekspositori; Hasil belajar; Index card match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Sep 2017 03:40 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26587 |