Hanifan, Ardha (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BILAH BARAT R.PRAPAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 6123111012 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02. NIM. 6123111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
03. NIM. 6123111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
04. NIM. 6123111012 PREPACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
05. NIM. 6123111012 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
06. NIM. 6123111012 TEBEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM. 6123111012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM. 6123111012 APENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM. 6123111012 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
13. NIM. 6123111012 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 6123111012 BLIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis bawah bola voli dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bilah Barat Rantau Prapat Tahun Ajaran 2016/2017. Dari hasil data awal (pretest) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan servis bawah masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bilah Barat yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar servis bawah yaitu 13 orang (43,33%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 17 orang (56,66%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan servis bawah pada siklus I memiliki rata-rata (66,64). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar servis bawah yaitu 26 orang (86,66%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan 4 orang (13,33%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan pada siklus II memiliki rata-rata (80,70%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar servis bawah bola voli belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bilah Barat Rantau Prapat Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 073 |
Keywords: | gaya mengajar; servis bawah |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 17:11 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26572 |