Zahriani, Nuri (2017) PENGARUH EFIKASI DIRI (SELF-EFFICACY) DAN KECERDASAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PEMINATAN KELAS X MIA SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 7133341120 COVER.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
02. NIM. 7133341120 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
03. NIM. 7133341120 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
04. NIM. 7133341120 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
05. NIM. 7133341120 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
06. NIM. 7133341120 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
07. NIM. 7133341120 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
08. NIM. 7133341120 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
12. NIM. 7133341120 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
13. NIM. 713334110 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan Kecerdasan Adversity Qoutient (AQ) Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peminatan Siswa Kelas X-MIA SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan Kelas X-MIA. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X-MIA SMA Negeri 3 Medan T.A 2016/2017 sebanyak 690 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel efikasi diri dan Kecerdasan Adversity Qoutient (AQ) diambil menggunakan angket dan variabel Prestasi belajar dengan menggunakan dokumen daftar nilai rapot siswa dalam mata pelajaran ekonomi. teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Linearitas dan uji hipotesis menggunakan eta dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai eta sebesar 0,517 dengan signifikan 0,05. variabel Kecerdasn adversity quotient disimpulkan bahwa variabel Kecerdasn adversity quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai eta sebesar 0,424 dengan signifikan 0,05. Hasil perhitungan koefisien menggunkan Eta Square menunjukkan nilai Eta square sebesar 0,447 atau (44,7%), ini mengandung arti bahwa seluruh variabel efikasi diri (X1) dan kecerdasan adversity quotient (X2) berpengaruh besar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X-MIA SMA Negeri 3 Medan sebesar 44,7 %. Bagi siswa SMA Negeri Medan, dapat menggunakan penelitian ini untuk meningktakan prestasi belajar. Upaya yang dilakukan dengan berusaha memperhatikan dan meningkatkan efikasi diri (Self-Efficacy) dan Kecerdasan adversity quotient (AQ) sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 087 |
Keywords: | Efikasi Diri; Kecerdasn adversity quotient; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 17:09 |
Last Modified: | 20 Sep 2017 02:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26549 |