Nasution, Yusrina Santri (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN TIPE NHT DAN TIPE TPS PADA MATERI PECAHAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VII MTs Mawaridussalam Batang Kuis, sampel terdiri dari dua kelas yaitu VII–2 sebagai kelas eksperimen A dengan model NHT dan VII–3 sebagai kelas eksperimen B dengan model TPS. Instrumen tes yang digunakan adalah tes essay. Rata–rata kemampuan representasi matematis siswa di kelas eksperimen A sebesar 68,469 dan kelas eksperimen B sebesar 63,844. Hasil perhitungan uji normalitas nilai postest siswa di kelas eksperimen A diperoleh Lhitung = 0,147 dan Ltabel = 0,157, karena Lhitung < Ltabel maka kelas eksperimen A berdistribusi normal. Sedangkan di kelas eksperimen B diperoleh Lhitung = 0,082 dan Ltabel = 0,157, karena Lhitung < Ltabel maka sebaran data di kelas eksperimen B berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,388 dan Ftabel = 1,826. Diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel maka kedua kelas homogen. Selanjutnya berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 1,206 dan ttabel = 1,999, karena thitung berada dalam interval -1,999 < thitung < 1,999 yang berarti bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe TPS lebih rendah daripada siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe NHT.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Representasi matematis; Model pembelajaran; Pecahan; Kemampuan siswa; Pembelajaran kooperatif; Numbered heads together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:51 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26543 |