PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIK REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Zainuddin (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIK REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kisaran yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Kesebangunan dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel adalah siswa kelas IX–9 yang berjumlah 39 siswa. Cara pengambilan data adalah melalui post test dan observasi. Post test berbentuk uraian yang dilakukan pada setiap akhir siklus yang terdiri dari 5 soal dan Post Test tersebut telah divalidkan. Observasi bertujuan untuk melihat kemampuan dalam pengelolaan pembelajaran yang dilakukan peneliti. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II tersebut dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, kemampuan peneliti dalam
pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelaran PMR sudah baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Matematik realistik; Model pembelajaran; Pemecahan masalah; Kemampuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 08:46
Last Modified: 19 Sep 2017 08:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26542

Actions (login required)

View Item
View Item