Narpila, Suci Dahlya (2017) PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA 2 MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS POTENSI UTAMA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah matematika 2 melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian sebanyak 32 orang mahasiswa. Data yang akan dikumpulkan pada penelitian ini adalah data hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika 2.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Matematika 2 yang ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar Matematika 2 dalam setiap siklus : (1) Siklus I (rata-rata=55,03) dan siklus II (rata-rata = 66,51); (2) peningkatan jumlah mahasiswa yang bernilai 60 dari Siklus 1 (41,9%) ke siklus II (67,7%).
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Matematika; Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 04:56 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26536 |