Frisnoiry, Suci (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian pretest and postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs.Nurul Islam, sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Sampel pada kelompok eksperimen berjumlah 32 orang, dan sampel pada kelompok kontrol juga berjumlah 32 orang. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji-Z. Rata-rata tes kemampuan komunikasi matematika kelas ekperimen sebelum dan sesudah pembelajaran adalah 65,81 dan 73,25. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-Z, setelah dilakukan perhitungan diperoleh nilai kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen adalah 0,098 sedangkan nilai adalah 0,4801. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan komunikasi matematika siswa dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) kelas VIII di MTs. Nurul Islam.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Komunikasi matematika; Think pair share; Strategi pembelajaran; Kemampuan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 04:51 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26535 |