Fadilla, FitriYanti (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT KELAS VII SMP SWASTA NUSANTARA LUBUK PAKAM. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write pada materi Bangun Datar Segi Empat di kelas VII SMP Swasta Nusantara Lubuk Pakam. Analisis data untuk mengetahui pembelajaran Think-Talk-Write menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pre test dan post test antar sampel. Dari hasil uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,07 > 1.66792 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write memberikan peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. Sehingga disarankan kepada para pembaca untuk dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write di dalam pembelajaran sebagai upaya perbaikan proses pembelajaran matematika di kelas.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Komunikasi matematik; Bangun datar; Segi empat; Model pembelajaran; Think talk write |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 04:30 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26531 |