PENENTUAN PRIORITAS KENDALA MAHASISWA MENEMUKAN CARA BELAJAR YANG BAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS : STUDI KASUS PADA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, FTIK, IAIN LANGSA

Irwansyah, Budi and Zulkarnaini and Juhendrifansyah (2017) PENENTUAN PRIORITAS KENDALA MAHASISWA MENEMUKAN CARA BELAJAR YANG BAIK MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS : STUDI KASUS PADA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, FTIK, IAIN LANGSA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Belajar yang baik adalah cara belajar yang teratur yang digunakan turut menentukan hasil belajar yang diharapkan. Kendala cara belajar merupakan kesulitan yang dihadapi seseorang dalam menemukan suatu kondisi dari gaya atau kebiasaan belajar agar memiliki metode/cara belajar yang baik. Tulisan ini menampilkan hasil penelitian tentang penggunaan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan prioritas kendala mahasiswa menemukan cara belajar yang baik di jurusan Pendidikan Matematika IAIN Langsa. AHP merupakan salah satu metode analisis yang dipakai untuk mengukur atau mengetahui bobot prioritas/rangking melalui perbandingan berpasangan dan mempercayakannya pada keputusan para ahli (responden ahli) berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data dari responden ahli adalah angket dengan skala Thomas Lorie Saaty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas kendala mahasiswa menemukan cara belajar yang baik adalah kesungguhan jiwa (18,30%), antusiasme (17,82%), obyektifitas (16,53%), konsentrasi (16,49%), wawasan (15,93%), dan keseimbangan (14,93%).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Metode belajar; Cara belajar; Kendala belajar; Analytical hierarchy process
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 03:25
Last Modified: 19 Sep 2017 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26527

Actions (login required)

View Item
View Item