Yuniara, Pinta (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs AISYIYAH. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan konsep matematika siswa setelah menggunakan Problem Based Learning pada siswa. dan Untuk mengetahui apakah Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan konsep matematika siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sebanyak 16 siswa yang terdiri dari 16 perempuan. Pelaksanaan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi proses belajar mengajar dan data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberi tindakan rata-rata tes awal adalah 50.31 dengan tingkat ketuntasan belajar (25%). Setelah tindakan kelas siklus I dengan menerapkan metode pembelajaran eksperimen rata-rata nilai tes hasil belajar siklus I meningkat menjadi 56,25%. Ini berarti terjadi peningkatan 31,25% dari tes awal. Kemudian setelah tindakan kelas siklus II dengan menerapkan Problem Based Learning diperoleh rata-rata tes hasil belajar siklus II adalah 87.5%, yang berarti mengalami peningkatan sebesar 31.25% dari tes siklus I.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Kemampuan konsep; Matematika; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 02:10 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26519 |