Napitupulu, Hunter (2017) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IPS SMA NEGERI 2 MEDAN SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133331058 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 3133331058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 3133331058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 3133331058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 3133331058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 3133331058 TABLES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7. NIM. 3133331058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3133331058 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 3133331058 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
14. NIM. 3133331058 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 3133331058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X IPS SMA Negeri 2 Medan Semester Genap T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan tahun 2017, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS,terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 113 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar kelas X IPS SMA Negeri 2 Medan yaitu berjumlah 39 orang, yang menyebar di 3 kelas. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumentasi. Teknik anallisisi data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1.Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Medan dalam mempelajari pelajaran geografi ditinjau dari faktor anak didik berupa aktivitas belajar yang kurang baik sebesar -0,0042 % yang berarti menghambat dan kebiasaan belajar yang kurang baik sebesar -0,9860 % yang berarti menghambat dan tidak adanya motivasi dalam mempelajari pelajaran geografi sebesar -0,0019 % yang dikategorikan menghambat. 2.Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Medan dalam mempelajari pelajaran geografi ditinjau dari faktor sekolah berupa alat/media yang kurang memadai - 0,0145 % yang berarti dikategorikan menghambat, , perpustakaan sekolah dalam belajar sebesar -0,0023 % yang berarti yang dikategorikan menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 GEO 059 |
Keywords: | Aktivitas belajar; Motivasi belajar; Alat pembelajaran; Media pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 09:07 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26515 |