PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 9 LANGSA

Munawarah, Nurul and Iklima (2017) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 9 LANGSA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran matematika di SMP Negeri 9 Langsa. Penelitan ini dilaksanakan di SMP 1 Negeri 9 Langsa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Langsa yang berjumlah 176 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yaitu kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas VIII5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk soal uraian. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen dengan rata-rata 77,46 dan hasil belajar siswa kelompok kontrol dengan rata-rata 65,33. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dan pada taraf signifikan sehingga dapat diperoleh yaitu 3,63  1,68 dan dinyatakan ditolak dan H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika di SMP Negeri 9 langsa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Matematika realistik; Penalaran matematika; Kemampuan siswa; Metode pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:01
Last Modified: 18 Sep 2017 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26482

Actions (login required)

View Item
View Item