Nasution, Aswina Fitriani (2017) ANALISIS PERAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH DI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146132028 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 8146132028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
3. NIM. 8146132028 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM. 8146132028 PREFACE.PDF - Published Version
Download (90kB) | Preview
5. NIM. 8146132018 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 8146132028 TABLES.PDF - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 8146132028 ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8146132028 APPENDICES.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 8146132028 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (174kB) | Preview
13. NIM. 8146132018 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM. 8146132028 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Deli Serdang. Sampel dalam penelitian adalah informan yang terdiri dari 3 orang Pengawas, 3 orang Kepala Madrasah dan 6 orang Guru. Teknik pemilihan sampel adalah purposive sampling, dimana peneliti mempertimbangkan bahwa pengambilan sampel sumber data adalah orang yang dianggap paling tahu tentang apa yang diharapkan peneliti, sehingga mempermudah peneliti untuk menjelajahi objek/situasi sosial yang diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Analisis data menggunakan metode pendekatan induktif yang menganalisa masalah dari hal-hal yang bersifat khusus, kemudian diambil kesimpulan yang bersifat umum. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Hasil temuan penelitian ini menjelaskan bahwa 1) Peran supervisi akademik : Pengawas membuat program kerja tahunan sebelum melaksanakan supervisi akademik ke madrasah-madrasah binaannya. Pengawas memeriksa, memantau, mengevaluasi dan menindaklanjuti terhadap hasil pembelajaran dan memberikan penilaian kepada guru. 2) Pengaruh Supervisi Akademik dalam meningkatkan Mutu Pendidikan : Guru-guru dapat meningkatkan kemampuan mengajar mereka. Kualitas mengajar guru yang baik akan mempengaruhi hasil belajar siswa yang dilihat dari pencapaian prestasi akademik dan prestasi non akademik. Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dapat memberi dampak terhadap standar isi, standar proses, standar pendidik, standar kompetensi lulusan dan standar penilaian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Nas a |
Keywords: | Supervisi akademik; Pengawas madrasah; Mutu pendidikan madrasah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 04:01 |
Last Modified: | 18 Sep 2017 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26481 |