PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR

Siregar, Nenta Dumalia and Insani, Ahsanul (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Kepala Bernomor Struktur pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers di kelas XI SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Numbered Heads Together dengan model Kepala Bernomor Struktur. Pengujian hipotesis menggunakan uji t’. berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa t’hitung = 2,30 > ttabel = 2,03 pada taraf signifikansi = 0,05. Nilai rata-rata kelas XI IPA 1 (Model Numbered Heads Together) adalah 88,7) dan kelas XI IPA 2 (Model Kepala Bernomor Struktur) adalah 78,37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Numbered Heads Together dan Kepala Bernomor Struktur pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers di kelas XI SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran dan pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Hedas Together lebih baik daripada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kepala Bernomor Struktur.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Kepala bernomor struktur; Numbered heads together; Hasil belajar; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Sep 2017 03:34
Last Modified: 18 Sep 2017 03:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26475

Actions (login required)

View Item
View Item