Pakpahan, Win Ro Grip (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, DAN SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK PADA SISWA KELAS XI TIPTL DI SMK N 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan di sekolah dengan cara yang monoton pada dasarnya menimbulkan kejenuhan bagi siswa secara umum. Dengan menggunakan model pembelajaran yang demikian menyebabkan motivasi belajar siswa menurun dan mengakibatkan hasil belajar siswa tidak memuaskan. Siswa perlu dilibatkan secara aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengasah kemampuan belajar serta melatih rasa tanggung jawab dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar instalasi tenaga listrik pada siswa kelas XI TIPTL di SMK Negeri 2 Medan.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dimana dalam pelaksanaannya melibatkan dua kelompok dari populasi yang sama. Kelompok I dan kelompok II diberikan perlakuan berbeda. Dengan menggunakan metode claster sampling, diperoleh kelas XI TIPTL 1 sebagai kelas eksperimen untuk memperoleh perlakuan model pembelajaran ARIAS, dan kelas XI TIPTL 2 sebagai kelas kontrol untuk memperoleh perlakuan model pembelajaran konvensional. Jumlah siswa kelas XI TPTL 1 dan kelas XI TIPTL 2 masing – masing 38 orang. Jadi, total siswa yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 76 orang. Kedua kelompok dalam penelitian ini merupakan kelompok yang homogen tanpa ada perbedaan tingkatan kemampuan yang menonjol pada kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar instalasi tenaga listrik pada siswa kelas XI TIPTL melalui penerapan model pembelajaran ARIAS. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil pengujian hipotesis. Dimana pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, dengan taraf signifikan 5%. Harga thitung diperoleh sebesar 2,541 dan data tabel diketahui 1,665. Maka kriteria pengujian data diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,541 > 1,665 artinya Ha diterima yang berarti hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.