Tangse, Uswatun Hasanah Masra (2017) PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA. AL-WASHLIYAH KISARAN BARAT TA. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER Uswatun Hasanah Masra Tangse NIM 1133313010.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN Uswatun Hasanah Masra Tangse NIM 1133313010.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
03. ABSTRAK Uswatun Hasanah Masra Tangse NIM 1133313010.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR Uswatun Hasanah Masra Tangse NIM 1133313010.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
05. DAFTAR ISI Uswatun Hasanah Masra Tangse NIM 1133313010.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL Uswatun Hasanah Masra Tangse NIM 1133313010.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR Uswatun Hasanah Masra Tangse NIM 1133313010.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. BAB I Uswatun Hasanah Masra Tangse NIM 1133313010.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
12. BAB V Uswatun Hasanah Masra Tangse NIM 1133313010.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA Uswatun Hasanah Masra Tangse NIM 1133313010.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah anak belum mampu berkomunikasi secara lancar, anak belum mampu menyebutkan kosa kata yang benar, dan kurangnya alat peraga yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggambar terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di RA Al-Washliyah Kisarat Barat Tahun Ajaran 2016/2017, mengetahui Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design, dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yaitu dengan memilih sampel dengan cara acak, karena populasi memiliki karakteristik yang sama dilihat dari segi usia yaitu usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dengan instrumen panduan observasi. Analisis data dengan statistik deskriptif dan uji-t untuk menguji hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa skor tertinggi pada data pretest yaitu 10, sedangkan post-test yaitu 12. Rata-rata pretest yaitu 6 untuk data post-test yaitu 10,39. Berdasarkan hasil tersebut menyatakan bahwa kegiatan menggambar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh Thitung = 60,97 > Ttabel = 1,701. Dilihat dari deskripsi data jika dibandingkan dua data tersebut terdapat perbedaan antara pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa sesudah dilakukan perlakuan (posttest) lebih baik dari sebelum diberikan perlakuan (pretest). Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan kegiatan menggambar terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di RA Al-Washliyah Kisaran Barat Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 061 |
Keywords: | Kegiatan menggambar; Perkembangan bahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 15 Sep 2017 15:28 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 01:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26465 |