Harefa, Kristian Manabora and Laoli, Yuniati (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 2 HILIDUHO. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.
Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
Fulltext.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
Abstract
Model pembelajaran elaborasi adalah proses penambahan rincian sehingga informasi baru akan menjadi lebih bermakna, oleh karena itu membuat pengkodean lebih mudah dan lebih memberikan kepastian. Tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Elaborasi. (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Elaborasi. (3) Membuktikan secara signifikan kualitas pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Elaborasi, (4) Membuktikan secara signifikan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Elaborasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Hiliduho dengan subjek penelitian siswa kelas IX semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Hasil penelitian : (1) Kualitas proses pembelajaran matematika baik melalui penerapan model Elaborasi terhadap hasil belajar matematika, (2) Hasil belajar matematika baik melalui penerapan model pembelajaran Elaborasi terhadap hasil belajar matematika, (3) Berdasarkan pengujian hipotesis angket kualitas
pembelajaran dengan menggunakan uji Z, ternyata nilai Zhitung= 2,098selanjutnya dikonfirmasikan dengan nilai Ztabel = 1,64 pada taraf signifikan 5% (α = 0,05). Karena Zhitung Ztabel, Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti: “Kualitas proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Elaborasi terhadap hasil belajar matrmatika SMP Negeri 2 Hiliduho Tahun Pelajaran
2014/2015 mencapai 71%” diterima pada taraf signifikan 5%, (4) Berdasarkan pengujian hipotesis tes hasil belajar diperoleh nilai thitung = 2,88 selanjutnya dikonfirmasikan dengan nilai ttabel = 1,699 pada taraf signifikan 5% (α = 0,05). Karena thitung ttabel, Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti “rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Elaborasi terhadap hasil belajar matematikaSMP Negeri 2 Hiliduho Tahun Pelajaran
2014/2015”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Elaborasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Pembelajaran elaborasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 09:00 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26416 |