EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Purba, Chrismanto and Panjaitan, Binur (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Morawa padamateri kubus dan balok tahun pelajaran 2012/2015. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjong Morawa yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan lembar observasi proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan analisis data menunjukan bahwa: (1) terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dimanapada siklus I skor ratarata siswa sebesar 64,67 dengan kategori sedang, dan pada siklus II skor rata-rata siswa mencapai 83,78 dengan kategori tinggi. Dari data tersebut terjadi peningkatan skor rata-rata siswa yaitu dari tes siklus I ke tes siklus II sebesar 19,11; dan (2) terjadi peningkatan pada pelaksanaan pembelajaran di kelas yang
dilaksanakan guru dimana dapat dilihat pada hasil observasi yaitu pada siklus I rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 2,68 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II rata-rata kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,51 dengan kategori baik. Sehingga terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 0,83. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi teorema kubus dan balok, serta model ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang efektif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Jigsaw; Pemahaman konsep; Matematika; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Sep 2017 08:37
Last Modified: 14 Sep 2017 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26413

Actions (login required)

View Item
View Item