EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

Sitepu, Rina Ananta Sumawardani and Manullang, Martua (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inquiry dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP pada materi teorema pythagoras. Subjek pada penelitian ini adalah 37 orang siswa kelas VIII pada sebuah SMP di Binjai. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan lembar observasi proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan analisis data menunjukan bahwa: (1) terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dimana pada tes awal menunjukkan skor rata-rata kelas sebesar 47,66 dengan kriteria rendah, pada siklus I skor rata-rata siswa sebesar 68,23 dengan kategori sedang, dan pada siklus II skor rata-rata siswa mencapai 81,08 dengan kategori tinggi. Dari data tersebut terjadi peningkatan skor rata-rata siswa yaitu dari tes awal ke siklus I sebesar 20,57 sedangkan peningkatan skor rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12,85, dan (2) terjadi peningkatan pada pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dilaksanakan guru dimana dapat dilihat pada hasil observasi yaitu pada siklus I rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 2,85 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II rata-rata kemampuan guru
mengelola pembelajaran adalah 3,18 dengan kategori baik. Sehingga terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 0,33.
Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran inquirydapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi teorema pythagoras, serta model ini dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif pembelajaran yang efektif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran inquiry; Pemecahan masalah; Kemampuan siswa; Matematika; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Sep 2017 08:13
Last Modified: 14 Sep 2017 08:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26410

Actions (login required)

View Item
View Item